Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Jadilah pendengar yang baik


"Anda tidak akan pernah tahu betapa dekatnya Anda dengan ide bernilai milyaran rupiah jika tidak mau mendengarkan".

Presiden Amerika ke-28 Woodrow Wilson, pernah mengatakan, "Telinga pemimpin harus berdering dengan suara-suara orang. Seperti yang kita ketahui, seorang pemimpin adalah seseorang yang sangat berpengaruh dalam kelompoknya. Salah satu seni mempengaruhi orang lain adalah menjadi pendegar yang baik. Yang dimaksudkan di sini adalah kemampuan mendengarkan dan memahami perkataan orang lain dengan seksama, bukan hanya mendengarkan saja.
Kemampuan mendengarkan dengan baik merupakan kunci untuk memperoleh pengaruh atas orang lain. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari menjadi pendengar yang baik.

·         Memperlihatkan Respek

"Mendengarkan, buan meniru, mungkin bentuk sanjungan yang paling tulus", ungkapan tersebut yang diucapkan oleh Dr. Joyce Brothers, seorang ahli psikolog. Saat Anda tidak menaruh perhatian pada apa yang dikatakan orang lain, sama halnya Anda mengirimkan pesan bahwa Anda tidak menghargai mereka. Akan tetapi, saat Anda mendengarkan orang lain, menunjukkan bahwa Anda respek kepada mereka. lebih dari itu, Anda memperlihatkan bahwa Anda peduli kepada mereka.
Paradigma keliru yang sering terjadi dalam berkomunikasi adalah orang berusaha dengan keras agar orang lain terkesan terhadap mereka, kemudian mereka berusaha membuat diri mereka kelihatan cerdik, jenaka, atau menghibur. Akan tetapi jika Anda ingin bergaul baik dengan orang lain, Anda harus memusatkan perhatian pada apa yang mereka tawarkan. Pada intinya adalah, terkesan dan tertarik, bukan mengesankan dan menarik.

·         Membangun Suatu Hubungan

Sebagaimana ungkapan Dale Carnegie, "Anda dapat memiliki lebih banyak teman dalam dua minggu dengan menjadi pendengar yang baik daripada dua tahun dengan berusaha membuat orang lain tertarik kepada Anda". Selain itu, David J. Schwartz di dalam bukunya The Magic off Thinking Big, mengatakan bahwa, "Orang besar memonopoli mendengarkan, orang kecil memonopoli percakapan". Saat menjadi pendengar yang baik, Anda akan mampu berhubungan dengan orang lain dalam berbagai tingkat dan mengembangkan hubungan yang lebih kuat dan mendalam karena Anda memenuhi suatu kebutuhan. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan C. Neil Strait, "Setiap orang memerlukan seseorang yang ia rasa benar-benar mendengarkan dirinya".

·         Meningkatkan Pengetahuan

"Seorang pendengar yang baik tidak hanya populer di mana-mana, tetapi sudah beberapa waktu, ia mengetahui seesuatu", itulah yang dikatakan Wilson Mizner. Menjadi hal yang menakjubkan anda banyak belajar tentang sahabat dan keluarga, pekerjaan, dan diri Anda sendiri ketika memutuskan benar-benar mendengarkan orang lain. Berhati-hatilah agar tidak menempatkan diri dalam posisi merasa mengetahui tentang semua hal. Posisi tersebut sangat berbahaya. Hampir tidak mungkin menganggap diri sebagai "pakar" dan terus tumbuh sambil belajar pada saat yang sama. Semua pelajar besar adalah pendengar besar.

·         Menghasilkan Ide

"Ketahuilah cara mendengarkan supaya Anda memperoleh keuntungan bahkan dari mereka yang bicaranya buruk", itulah pepatah Yunani kuno. Saat kita dapat konsisten mendengarkan orang lain, kita tidak akan pernah kekurangan ide. Anda tidak akan pernah tahu betapa dekatnya Anda dengan ide bernilai milyaran rupiah jika tidak mau mendengarkan.

·         Membangun Loyalitas

Sebuah ungkapan Karl Menninger, "Sahabat yang mendengarkan kita adalah sahabat yang menarik kita ke arahnya dan kita ingin duduk dalam radius mereka." semua orang menyukai pendengar yang baik dan tertarik kepadanya. Bila Anda konsisten mendengarkan orang lain, menghargai apa yang mereka tawarkan, mereka mungkin mengembangkan loyalitas yang kuat kepada Anda walaupun otoritas Anda terhadap mereka tidak resmi.

·         Cara terbaik untuk menolong orang lain dan diri Anda sendiri
Roger G. Imhoff menegaskan, "Biarkan orang lain percaya kepada Anda. Mungkin ini tidak membantu Anda, tetapi pasti membantu mereka". Secara sekilas saat mendengarkan orang lain kelihatannya hanya menguntungkan mereka saja. Namun saat Anda benar-benar sudah menjadi pendengar yang baik, Anda dapat menempatkan diri dalam posisi menolong diri Anda sendiri pula.

Setelah mengetahui sekilas tentang beberapa manfaat yang didapat dari menjadi seorang pendengar baik, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk dapat menjadi pendengar yang baik.

  • Menjaga kontak mata
Saat seseorang berbicara kepada Anda, jagalah pandangan Anda menatap lawan bicara. Mengalihkan pandangan ke arah pintu atau langit-langit atau bahkan memandang ke bawah menatap lantai, justru rnengindikasikan kalau Anda tidak tertarik akan pembicaraan yang dilakukan oleh lawan bicara. Tataplah mata lawan bicara Anda dan amati pergerakan bahasa tubuhnya.

  • Beri perhatian lebih
Saat Anda memberikan perhatian padanya, ia pasti akan merasa senang dan tahu bahwa kamu adalah orang yang terpercaya dan mau diajak berbicara. Saat berbicara, jangan sampai perhatian Anda teralihkan. Jika hal ini terlanjur  terjadi, coba tanyakan. kembali apa yang diucapkan lawan bicara Anda sebelumnya dan bergantilah posisi duduk Anda.
Dengan berpindah posisi tempat duduk, perhatian Anda akan lebih focus kepada lawan bicara.

  • Jangan melakukan interupsi
Jangan menginterupsi lawan bicara dengan banyak  pertanyaan. Hal ini akan membuatnya terganggu karena terkadang orang hanya ingin untuk didengarkan terlebih dulu. Oleh karena itu, dengarkanlah suatu omongan baik-baik dan berbicaralah jika dibutuhkan. Tunjukkan bahwa Anda ikut menyimak apa yang dibicarakannya, dengan merespon perkataannya dengan singkat tapi jangan rnenggurui. Tunggulah ia selesai menumpahkan unek-uneknya Baru Anda dapat memberikan nasihat, itu pun kalau ia bertanya pendapat Anda.

  • Hindari perasaan gelisah
Rasa gelisah adalah tanda bahwa kamu sudah mulai bosan dan sama sekali tidak tertarik akan apa yang disampaikan oleh lawan bicara. Jika Anda ingin menjadi pendengar yang  baik, yakinkanlah lawan bicara Anda bahwa Anda tertarik akan apa yang dibicarakannya. Bersikaplah baik dan manis saat mendengar permasalahan lawan bicaramu.

  • Atur bahasa tubuhmu
Belajarlah dari orang yangg'menurut Anda mampu menjadi pendengar yang baik. Perhatikan bahasa tubuhnya. Selain menjaga pandangan mata, duduk berdekatan serta anggukan juga menjadi bahasa tubuh yang penting untuk menunjukkan bahwa Anda adalah seorang pendengar yang baik.

  • Pahamilah suasana hati lawan bicara
Untuk menjadi pendengar yang baik, kamu tentu harus mampu memahami suasana hati lawan bicaramu. Berikaplah penuh empati. Coba rasakan apa yang sedang ia alami. Saat kamu bisa mendalami perasaannya, kamu akan tahu respon apa yang diharapkan oleh lawan bicaramu. Kamu juga bisa memberikan nasihat yang sesuai dan yang dibutuhkan oleh lawan bicaramu. Kemampuan membaca suasana hati orang ini memang sedikit sulit, karena beberapa diantara kita tidak memiliki kepekaan yang cukup besar sehingga merasa permasalahan lawan bicaramu tidak terlalu penting. Nah, hal ini sangat pantang untuk dilakukan. Untuk menjadi pendengar yang baik, kamu hares memiliki jiwa sensitivitas yang tinggi sehingga mampu mendalami perasaan lawan bicaramu.

  • Jaga rahasia
Mendengarkan permasalahan orang hanya untuk diberitakan kepada teman lainnya, akan membuat lawan bicara Anda tidak akan lagi percaya dan mau share dengan Anda. Mampu menjaga rahasia akan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang bisa dipercaya dan benar-benar memegang janji. Ini juga membuktikan bahwa Anda benar-benar ingin menolong bukan mencari komoditas gosip belaka.

0 Comment: