Diklat Online membuat Pintar dengan Mudah dan Murah.

Pentingnya Percaya Diri


Sebuah kepercayaan adalah termostat yang mengatur apa yang kita capai di dalam hidup. Setiap orang adalah produk dari pikirannya sendiri. Oleh karena itu, kepercayaan terhadap diri sendiri merupakan modal awal untuk pencapaian tujuan. Dalam berhubungan dengan orang lain juga demikian, mengharapkan kepribadian yang berkharisma, menarik, mudah berbicara serta dapat mempengaruhi orang lain dibutuhkan pula sebuah modal rasa percaya diri.

Percaya diri adalah sesuatu yang dinamis, is bisa naik dan turun, berubah dan berkembang. Ditentukan oleh dinamika posisi, kondisi, dan situasi Anda kala itu. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjaganya agar tetap berada di tingkat yang optimal dan sehat. Di tingkat yang setara dengan posisi, situasi, dan kondisi Anda sendiri:- Peliharalah rasa percaya diri dalam pikiran Anda. Katakan bahwa Anda benar-benar siap untuk berinteraksi dengan orang lain, serta percayai bahwa Anda memiliki kepribadian yang berkharisma.

Rasa percaya diri akan menghilangkan rasa takut dalam diri, yang hanya akan menghambat jalannya suatu komunikasi. Ia juga akan mengantar Anda untuk belajar dan menjadi lebih baik.
Karena di dalam kepercayaan diri terdapat energi-energi positif yang luar biasa. Berikut ini adalah beberapa alasan untuk percaya diri dalam berkomunikasi dengan orang lain.

PERCAYA DIRI BERARTI TAHAN BANTING
·         Jika Anda percaya diri, maka Anda akan lebih tahan terhadap berbagai tekanan, karena punya tempat berpijak dan cara berpikir yang kokoh dan kuat.

·         Jika Anda percaya diri, maka Anda akan lebih mampu menghadapi variasi dari situasi pribadi, sosial dan bisnis yang makin ketat dan makin keras belakangan ini.

·         Jika Anda percaya diri, maka Anda akan lebih tahan untuk berhadapan dengan orang lain yang makin hari makin kritis. Ingatlah bahwa tekanan yang makin kuat tidak hanya dialami oleh diri .Ada sendiri, melainkan juga oleh setiap orang lain yang berhubungan dengan Anda di dunia ini.

·         Jika Anda percaya diri, maka Anda akan lebih mampu menghadapi orang lain yang makin hari makin keras dan bukan tidak mungkin makin menyebalkan.

·         Jika Anda percaya diri, maka Anda akan lebih mampu menghadapi berbagai apresiasi yang realistik dan objektif.

Pada akhimya, jika Anda percaya diri, maka Anda akan lebih memiliki kontrol terhadap berbagai situasi dan keadaan yang penting untuk apapun kepentingan Anda.

PERCAYA DIRI MAMPU MENGONTROL DIRI
Percaya diri dibangun dengan berlatih untuk mengontrol berbagai aspek dari kehidupan. Dengan mampu mengontrol berbagai aspek diri pribadi, Anda akan lebih jernih dalam melihat dan mengatur tujuan dan sasaran pribadi Anda. Dengan kejelasan dalam tujuan dan sasaran Anda, maka Anda akan lebih mampu dalam mengontrol emosi dan perilaku saat berkomunikasi dengan orang lain sehingga tercapai tujuan yang diharapkan.

PERCAYA DIRI DAPAT MENGETAHUI KAPASITAS DIRI
Dengan percaya diri, Anda akan memahami seluk beluk dan tingkat kapasitas yang Anda miliki. Anda dapat menganalisis kemampuan Anda dalam berkomunikasi. Dengan analisis tersebut akan membuat Anda merasa lebih mantap dan siap untuk menjalin relasi dengan orang lain.

PERCAYA MEMPERBAIKI KUALITAS NETWORKING
Percaya diri akan meningkatkan kualitas personality seseorang. Dengan naiknya personality, maka Anda juga akan menaikkan kualitas `relationship' Anda. Seseorang yang telah berhasil menjadi pengusaha atau pemimpin tentu dalam prosesnya menjalin networking sebanyak-banyaknya. Hal itu juga tidak berjalan begitu saja, selalu ada pembelajaran yang bersifat meningkatkan kualitas diri.



PERCAYA DIRI BERARTI FOKUS PADA DUNIA LUAR
Tidak percaya diri disebabkan oleh kesibukan dalam mengkhawatirkan diri sendiri. Dengan percaya diri, Anda akan disibukkan oleh dunia luar. Dengan percaya diri Anda akan menjadi orang yang lebih melayani, lebih bermanfaat, dan lebih memberi nilai kepada dunia luar, termasuk dalam berhubungan dengan orang lain.

PERCAYA DIRI BERARTI HIDUP YANG LEBIH NYAMAN DAN MENYENANGKAN
Dengan percaya diri Anda akan lebih menikmati diri sendiri, lebih menikmati dunia luar. Hidup Anda akan penuh dengan kegembiraan, dengan hanya sedikit kekhawatiran. Dunia Anda akan lebih nyaman dan menyenangkan. Dengan percaya diri, Anda bisa membuat `hidup lebih hidup'. Hal itu tentunya dapat memantapkan diri untuk berinteraksi dengan orang lain.

PERCAYA DIRI BERARTI PESAN POSITIF
Dengan percaya diri, Anda akan mengkomunikasikannya kepada dunia di luar Anda. Dengan percaya diri, Anda akan membuat orang lain menjadi percaya diri. Dengan percaya diri, Anda akan lebih meyakinkan. Percaya diri adalah pesan. Pesan yang amat penting untuk dikomunikasikan kepada orang yang terlibat dengan Anda. Sehingga orang lain akan senang berhubungan dengan Anda.

PERCAYA DIRI BERARTI PELUANG UNTUK MENUMBUHKAN KHARISMA
Dengan percaya din, Anda berpeluang besar untuk rnenumbuhkan tingkat maksimal dari percaya din, yaitu kharisma. Dengan percaya diri, Anda akan menciptakan jalan untuk menjadi orang yang selalu didengar kata dan perintahnya.

Sekali lagi, mantapkan dan tambahlah percaya. diri Anda dalam berkomunikasi dengan orang lain. Yakinkanlah wabah Anda dapat menjadi - seseorang yang berkharisma di depan orang lain. Rubahlah ketakutan, ketidaksiapan dengan antusias serta keyakinan diri.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar: