Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Indahnya keluarga Islami


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Agama pada dasarnnya aturan, agama Islam berarti aturan secara Islami. Keluarga Islami ialan keluarga yang sesuai aturan Islam. Sebuah keluarga muslim, tentunya sesuai aturan dan akhlak Islam. Aturan Islam dalam keluarga, ada hak-hak istri yang menjadi kewajiban suami dan ada hak-hak suami yang menjadi kewajiban istri.

Hak istri yang menjadi kewajiban suami
Seorang suami hendaknya bergaul dengan istrinya dengan baik, memperhatikan nafkah lahir dan batinnya. Suami memiliki derajat setingkat lebih tinggi dari istrinya, yaitu sebagai pemimpin yang bertanggung jawab akan keselamatan anggota keluarganya, sebagaimana firman Allah SWT :

وَعَاشِرُوهُنَّ بِالمَعْرُوفِ فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللهُ فِيْهِ خَيْرًا كَثِيْرًا

Bergaullah dengan istri kalian dengan baik. Apabila kalian tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) Mungkin kalian tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya banyak kebaikan. (An-Nisa 19)

Kelebihan hak suami ialah istri wajib patuh dan taat pada suami, karena suami memberikan mas kawin kepada istrinya, simbol kepatuhan dan tanggung jawab kepada kebutuhan istrinya. Seperti tertuang firman Allah SWT :

وَلَهُنَّ مِثْلُ الَّذِي عَلَيْهِنَّ بِالمَعْرُوفِ وَلِلرِّجَالِ عَلَيْهِنَّ دَرَجَةٌ وَاللهُ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ

Para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang makruf. tetapi para suami, mempunyai satu tingkatan lebih dari isterinya [143]. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Al-Baqoroh 228)
[143] Hal ini disebabkan karena suami bertanggung jawab terhadap keselamatan dan Kesejahteraan rumah tangga
(Lihat An-Nisaa' 34).

وَقاَلَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ؛ إِنَّ مِنْ أَكْمَلِ المُؤْمِنِيْنَ إِيْمَاناً أَحْسَنُهُمْ خُلُقاً وَأَلْطَفُهُمْ بِأَهْلِهِ

Diantara mukmin sempurna imannya ialah yang berakhlak baik dan penyayang kepada keluarganya. (HR. Turmudzi)

Hak suami yang menjadi kewajiban istri
Seorang istri hendaknya selalu taat pada suaminya, menjaga harta dan kehormatan suami, firman Allah SWT :

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللهُ بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللهُ وَاللاَّتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فيِ المَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلاَ تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيْلاً إِنَّ اللهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيْرًا

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. sebab itu Maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, Maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. kemudian jika mereka mentaatimu, Maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha besar. (An-Nisa 34)

وَقاَلَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ؛ أَيُّماَ امْرَأَةٍ ماَتَتْ وَزَوْجُهاَ عَنْهاَ راَضٍ دَخَلَتْ الجَنَّةَ

Siapapun istri yang jika ia mati dan suaminya dalam keadaan restu maka ia masuk sorga. (HR. Ibnu Majah)

وَقاَلَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ؛ يَسْتَغْفِرُ لِلْمَرْأَةِ المُطِيعَةِ لِزَوْجِهَا الطَّيْرُ فيِ الهَوَاءِ وَالحِيتَانُ فيِ المَاءِ وَالمَلاَئِكَةُ فيِ السَّمَاءِ وَالشَّمْسُ وَالقَمَرُ مَادَامَتْ فيِ رِضَا زَوْجِهَا ، وَأَيُّمَا امْرَأَةٍ عَصَتْ زَوْجَهَا فَعَلَيْهَا لَعْنَةُ اللهِ وَالمَلاَئِكَةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِيْنَ ، وَأَيُّمَا امْرَأَةٍ كَلَحَتْ فيِ وَجْهِ زَوْجِهَا فَهِيَ فيِ سَخَطِ اللهِ إِلىَ أَنْ تُضَاحِكَهُ وَتَسْتَرْضِيَهُ ، وَأَيُّمَا امْرَأَةٍ خَرَجَتْ مِنْ دَارِهَا بِغَيْرِ إذْنِ زَوْجِهَا لَعَنَتْهَا المَلاَئِكَةُ حَتَّى تَرْجِعَ

Akan memohon ampunan untuk istri yang taat kepada suaminya, burung di udara, ikan di laut, malaikat di langit termasuk matahari dan bulan, selama ia dalam keadaan restu suaminya. Siapa istri yang durhaka kepada suaminya maka ia dikutuk Allah dan semua malaikat. Siapa istri yang bermuka masam di hadapan suaminya maka ia berada dalam murka Allah sampai ia tersenyum dan suaminya restu. Siapa istri keluar dari rumah tanpa seizin suaminya maka malaikat mengutuknya sampai  ia kembali pulang.  (Al-Zawajir Juz 2 hal. 338)


Allah mengetahui segalanya

0 Comment: